PROGRAM STUDI PROFESI APOTEKER

FAKULTAS FARMASI USU

 

TENTANG USU          PENERIMAAN MAHASISWA BARU          TRACER STUDY          PERTOR            TENTANG FAKULTAS FARMASI 

Dosen Farmasi USU Edukasi Siswa SMK Pharmaca dalam Pembuatan Lulur dan Masker Peel-Off

HUMAS FARMASI USU - Dosen Farmasi USU melakukan pengabdian kepada masyarakat terhadap siswa SMK Pharmaca yang berada di Jl. Tinta No.45 Medan, selasa (2/8) dengan memberikan edukasi dan demonstrasi pembuatan lulur dan masker peel-off berbahan baku alami. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh apt. Tengku Ismanelly Hanum, S.Si., M.Si dengan beranggotakan apt. Marianne, S.Si., M.Si.; Dr. apt. Sumaiyah, M.Si.; Prof. Dr.apt.Poppy A.Z.Hasibuan, S.Si., M.Si., selaku tim dosen, serta tim mahasiswa yaitu Wan Fadilla, Khansa Candra Bestari, Azanatasya Br Sihaloho, Andre Triyogi Tinambunan, Haya Luthfiyyah Marwa Rani, Natasha Maharani Br Ginting, Marwin Witarman, Afrima Sari Rambe, Elysa Anasthasia Br Ginting.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan sekitar 40 siswa kelas 12 SMK Pharmaca yang diawali dengan pemberian pre-test pada siswa guna menguji pengetahuan dasar siswa mengenai materi yang akan disosialisasikan, dilanjutkan dengan sosialisasi materi dari para dosen. Materi yang disampaikan terkait latar belakang pemilihan bahan baku alami yaitu kopi dan beras sebagai bahan aktif dari produk kosmetik lulur dan masker peel-off. Selanjutnya pemutaran video mengenai formula dan pembuatan sediaan kosmetik.

Selain edukasi mengenai sediaan, siswa juga diberikan edukasi mengenai manajemen penjualan dan manajemen pemasaran yang berguna untuk siswa kedepannya yang ingin menjadi seorang wirausahawan.

Dilakukan pula demonstrasi pembuatan lulur dan masker peel-off yang dilakukan para siswa dengan arahan tim pengabdian dosen dan mahasiswa. Siswa dibimbing untuk membuat lulur dan masker peel-off berbahan baku kopi dan beras.

Para siswa menunjukkan semangat dan antusias yang besar dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini. Mereka berperan aktif dalam mendengarkan, bertanya dan menjawab, serta dalam proses pembuatan lulur dan masker peel-off.

Selanjutnya, para siswa yang telah membuat sediaan lulur dan masker peel-off diberikan form post-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi dan demonstrasi mengenai pembuatan produk lalu juga diberikan kuesioner penilaian terhadap sediaan lulur dan masker peel-off yang telah dibuat. Kuesioner penilaian meliputi kesukaan terhadap warna, bau, tekstur, serta kemasan yang telah didesain sebelumnya oleh tim pengabdian.

Di akhir kegiatan, tim memberikan cinderamata dan menyerahkan alat produksi kepada pihak sekolah untuk dapat dimanfaatkan dalam pembuatan produk. Selain itu, juga pemberian sediaan lulur dan masker peel-off, serta modul cara pembuatan sediaan kepada para guru dan beberapa siswa SMK Pharmaca.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menerapkan tahap-tahap pembuatan lulur dan masker peel-off, serta dapat meningkatkan keterampilannya dalam berwirausaha”, ujar ketua tim ini.

“Dikarenakan tujuan utama dari kegiatan ini adalah mengajarkan para siswa SMK cara membuat lulur dan masker peel off berbahan baku alami yang bekhasiat membersihkan kulit sehingga dapat melahirkan alumni SMK yang kreatif dan memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dengan baik. Sehingga akan tercipta kemandirian ekonomi dan kesejahteraan bagi alumni SMK”, jelasnya lagi.

 

 

 

Super User